PENYEBAB MUNCULNYA JERAWAT SAAT HAID.

Selain perut kram, munculnya jerawat di kulit wajah menjadi perjuangan tersendiri bagi para wanita atau sering disebut kaum Hawa. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi dari Archive of Dermatology, yang mengungkapkan 63% para wanita mengeluhkan jerawat yang muncul menjelang haid/datang bulan. Lantas, mengapa jerawat sering muncul saat datang bulan pada wanita?

Fakta Ilmiah Dibalik Jerawat Saat Menjelang Haid atau Datang Bulan.

Siklus haid atau datang bulan tiap wanita normalnya berkisar antara 21-35 hari. Ketika menjelang haid atau datang bulan, tepatnya dua minggu sebelum, kadar hormon estrogen dan progesteron meningkat karena tubuh sedang mempersiapkan rahim untuk proses pembuahan (ovulasi).

Perubahan kadar hormon ini yang merangsang produksi sebum alias substansi minyak yang berfungsi sebagai pelumas kulit alami. Jerawat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat akibat bercampurnya sebun, sel kulit mati, dan bakteri.

Risiko kemunculan jerawat diperparah dengan kondisi kulit yang lebih sensitif saat menjelang haid atau datang bulan. Termasuk tingginya kadar testosteron saat review obat telat haid yang mampu mengaktifkan kelenjar minyak, sehingga produksi sebum semakin banyak.

Cegah Kemunculan Jerawat Saat Haid atau Menstruasi.

Apakah bisa mencegah kemunculan jerawat saat datang bulan? Mungkin saja, Salah satunya dengan mengonsumsi obat pelancar haid paling ampuh yang bisa memperlambat produksi minyak di kulit wajah, termasuk menghambat naiknya estrogen dan progesteron secara alami.

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat saat haid atau datang bulan sebagai berikut : 

Jaga kebersihan pada wajah

Pastikan kamu rutin mencuci wajah dengan sabun yang biasanya kamu pakai, maksimal dua kali sehari, menggunakan sabun yang sesuai jenis kulit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi produksi sebum di wajah sehingga wajah kelihatan cerah saat menstruasi.

Cuci tangan pakai sabun.

Jangan pernah menyentuh wajah apalagi jerawat anda dalam keadaan tangan kotor, karena bisa membuat jerawat semakin memburuk atau menyebar dibagian wajah lainnya. Sebaiknya, cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah anda.

BACA JUGA : PERUBAHAN YANG DIALAMI SAAT DATANG BULAN (MENSTRUASI)

Perhatikan Mengkonsumsi Makanan.

Saat haid atau menstruasi, Anda harus bisa batasi mengkonsumsi gula, karbohidrat, atau susu, Dengan alasan karena makanan tinggi glikemik, seperti roti putih dan kentang, bisa memicu lonjakan menaikkan gula darah yang sering menjadi penyebab peradangan kulit anda.

Perbanyak meminum air putih. 

Selain mencegah dehidrasi, air putih juga bisa membantu proses detoksifikasi dan menjaga kelembapan kulit. Minum air putih, setidaknya delapan gelas ( 8 gelas ) per hari, membantu melancarkan peredarah darah sehingga bisa mencegah jerawat yang membandel saat menjelang haid atau menstrusi.

Pakai pelembab kulit saat beraktivitas di luar ruangan. 

Oleskan pelembab kulit atau hand body, minimal SPF 30, secara merata pada tubuh minimal 20 menit sebelum beraktivitas. Gunakan ulang tiap dua jam sekali agar perlindungannya maksimal. Hal ini cara mempercepat haid paling ampuh diperlukan untuk mengurangi dampak negatif akibat paparan sinar UV matahari yang berlebih.

Lakukan facial. 

Menjelang akhir massa haid atau datang bulan, tidak ada salahnya untuk facial wajah. Perawatan ini mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyingkirkan sebum berlebih, sehingga mencegah kemunculan jerawat saat haid atau datang bulan.

Itulah alasan mengapa jerawat muncul saat haid atau datang bulan. Kalau kamu punya keluhan jerawat yang tak kunjung membaik, jangan ragu berbicara dengan dokter kulit dan kecantikan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

OBAT PELANCAR HAID ALAMI.

BAGEMANA CARA MELANCARKAN HAID SECARA ALAMI DAN AMAN.

EFEK SAMPING DATANG BULAN.