AKIBAT PENYEBAB TELAT DATANG BULAN DAN CARA MENGATASINYA.

Masalah terkait siklus menstruasi bisa terjadi pada tiap wanita. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat pelancar haid paling manjur. Namun, mengonsumsi obat tersebut tetap perlu berhati-hati. Sebelum menggunakannya, ada baiknya mengetahui apa penyebab masalah menstruasi atau penyebab haid agar Anda dapat memilih obat serta meminumnya yang tepat.

Umumnya, wanita mengalami siklus menstruasi sekitar 11-13 kali dalam setahun. Namun jika Anda mengalami telat haid, frekuensi siklus menstruasi Anda tentunya akan jadi lebih sedikit.

Penyebab Telat Datang Bulan dan Cara Mengatasinya.

Penyebab terlambat datang bulan atau telat menstruasi / haid yang dialami tiap wanita berbeda-beda. Ada yang terjadi karena hal normal, namun ada pula yang mengalami keterlambatan akibat efek samping kontrasepsi yang digunakannya bisa juga meminum obat-obatan, dan juga karena kondisi kesehatan.

Tidak memerlukan obat telat datang bulan.

Jika keterlambatan menstruasi atau penyebab haid Anda disebabkan oleh hal-hal di bawah ini, Anda juga perlu mengonsumsi obat pelancar haid. kemudian diimbangi dengan ubah pola hidup Anda menjadi lebih baik seperti menjauhi hal-hal yang membuat Anda stres dan mengonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang. Jika penyebabnya alat kontrasepsi, Anda bisa menggantinya sesuai dengan anjuran dokter Anda seperti meminum obat pelancar haid resep dokter.

Stres.

Stres juga bisa memengaruhi kesehatan hormon Anda, mengubah aktivitas sehari-hari untuk tubuh Anda, serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi atau haid. Selain itu, stres juga bisa mengakibatkan penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi atai penyebab haid Anda.

Berat badan turun drastis.

Telat datang bulan juga bisa disebabkan oleh penurunan berat badan yang drastis atau tiba-tiba. Berkurangnya jumlah kalori atau lemak dalam kesehatan tubuh seseorang dapat menghambat produksi hormon estrogen yang diperlukan untuk berovulasi.

Pengaruh alat kontrasepsi.

Jika Anda memakai metode kontrasepsi hormonal yang memicu mencegah kehamilan, misalnya dalam bentuk pil, kemungkinan Anda akan mengalami telat datang bulan. Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin. Kedua hormon ini bisa mencegah ovarium melepas sel telur. Efek ini mungkin masih bisa Anda rasakan usai berhenti mengonsumsi pil KB. Selain pil KB, penyebab telat haid 1 minggu juga bisa disebabkan jika Anda memakai KB hormon implan atau suntik yang kurang teratur.

Memerlukan obat pelancar haid atau telat datang bulan.

Sementara untuk obat pelancar haid atau telat datang bulan yang disebabkan oleh hal-hal di bawah ini, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat pelancar haid resep dokter sesuai dasarnya sebagai berikut : 

Penyakit tiroid.

Kelenjar yang ditemukan di leher ini menghasilkan hormon tiroid yang mengontrol pertumbuhan dan metabolisme dalam kesehatan tubuh anda. Hormon tiroid juga memengaruhi kerja estrogen, salah satu hormon seksual, sehingga siklus menstruasi atau haid pun ikut dipengaruhi. Ada beberapa wanita  yang memiliki kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroidisme, ada juga wanita yang kelenjar tiroidnya kurang aktif atau hipotiroidisme. Kondisi hipertiroidisme dan hipotiroidisme ini dapat menyebabkan keterlambatan datang bulan pada wanita. 

Pengobatan penyakit tiroid akan disesuaikan dengan penyebabnya. Pada kondisi hormon tiroid yang terlalu aktif atau banyak, dokter akan memberikan obat-obatan atau operasi untuk menormalkan fungsi tiroid. Sebaliknya jika produksi tiroid terlalu sedikit, dokter bisa meresepkan obat untuk menambah jumlah hormon tiroid, misalnya obat pelancar haid paling ampuh.

Sindrom ovarium polikistik.

Sindrom ovarium polikistik bisa menyebabkan tingginya tingkat hormon androgen. Pengobatan yang sering direkomendasikan untuk mengatasi penyebab telat haid sindrom ovarium polikistik yakni melakukan terapi hormon, yaitu dengan mengonsumsi obat pelancar haid cytotec atau pil yang mengandung hormon progesteron.

Tumor hipofisis.

Tumor hipofisis adalah kondisi ketika tumor berkembang di kelenjar hipofisis (pituitary). Adanya tumor tersebut dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berperan penyebab telat datang bulan dalam siklus pengobatan pada tumor hipofisis bisa dengan obat-obatan seperti bromocriptine dan cabergoline, terapi radiasi, hingga tindakan operasi untuk mengangkat tumor. Jika tumor membuat produksi hormon di tubuh menurun, maka obat yang bisa Anda konsumsi yaitu obat-obatan yang bisa meningkatkan kadar hormon, seperti obat pelancar haid paling ampuh atau menjalani terapi penggantian hormon.

Menopause dini.

Normalnya, menopause terjadi di atas usia 45 tahun. Namun, jika seorang wanita mengalami menopause dini, maka produksi telur oleh ovarium bisa berkurang sebelum usia 40. Hal ini mengakibatkan menstruasi terhenti. Menopause dini bisa terjadi akibat faktor keturunan, kebiasaan merokok, kurang gizi, serta akibat penyakit tertentu seperti penyakit autoimun dan epilepsi. Secara umum tidak ada pengobatan khusus untuk menopause dini.

Namun untuk meringankan gejala, penanganan menopause dini bisa dengan terapi penggantian hormon.Penting bagi Anda mengonsumsi obat telat datang bulan yang direkomendasikan oleh dokter berdasarkan penyebab dasar terlambatnya datang bulan. Jika setelah berobat, menstruasi Anda masih mengalami gangguan, konsultasikan ke dokter spesialis kandungan. Jangan sembarangan mengonsumsi obat tanpa tahu pasti apa penyebab dasar kondisi Anda.

BACA JUGA : EFEK SAMPING SAAT DATANG BULAN (MENSTRUASI).

Berikut ini ialah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab telat datang bulan atau haid yang tidak lancar / tidak teratur, Antaralain :

Menopause.

Menjelang menopause, Penyebab telat datang bulan bisa menjadi tidak lancar. Ini karena hormon estrogen & progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.

Kehamilan.

Jika menstruasi Anda terhenti atau terlambat, Cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda hamil. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes kesehatan serta kehamilan dan USG bahkan juga di berikan obat pelancar haid resep dokter.

Alat kontrasepsi.

Menggunakan alat kontrasepsi, Seperti IUD (spiral) / Pil KB, Memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya / nyeri perut pada saat datang bulan atau menstruasi. Dapat juga terjadi keluarnya sedikit darah pada awal penggunaan obat peluntur janin paling manjur, Namun ini akan berhenti sesudah beberapa bulan penggunaan.

Pola hidup sehari-hari.

Jika Anda melakukan olahraga yang berlebihan sehingga bisa mengakibatkan berat badan Anda turun drastis, Hal itu bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar atau bisa mencegah datang bulan. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih / obesitas. Tidak hanya perubahan berat badan, Stres juga bisa memengaruhi siklus menstruasi atau mencegah datang bulan.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan kumpulan gejala yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil didalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang. Testosteron dapat meningkat melebihi batas normal, Yang mana seharusnya pada wanita hanya terdapat sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami sulitnya untuk datang bulan atau mengalami menstruasi sehingga darah haid yang keluar hanya sedikit.

Masalah pada tiroid.

Pada bagian leher Anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid Anda bermasalah, maka menstruasi Anda juga akan terpengaruh. Konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis endokrin. Dokter akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana kadar hormon tiroid dalam darah dan Anda juga mendapatkan obat pelancar haid resep dokter. .

Terus, Bagaimana sih Cara Untuk Melancarkan Haid / Menstruasi ??



Komentar

Postingan populer dari blog ini

OBAT PELANCAR HAID ALAMI.

BAGEMANA CARA MELANCARKAN HAID SECARA ALAMI DAN AMAN.

EFEK SAMPING DATANG BULAN.