TANDA-TANDA KEGUGURAN KEHAMILAN MUDA.

 Keguguran Kandungan merupakan kondisi janin yang telah meninggal sebelum usia kehamilan dini memasuki 20 minggu. Meski ini sangat tidak diinginkan, sekitar 10-20% kehamilan berakhir dengan keguguran. Apa saja tanda-tanda keguguran kehamilan muda.
 
Keguguran merupakan istilah ketika janin yang belum berkembang akibat ada sesuatu yang salah pada kandungan di rahim wanita. Ini jarang terjadi dan biasanya risikonya meningkat ketika seorang wanita tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami awal kehamilan sejak dini.

tanda_tanda_keguguran_hamil_muda


Banyak orang beranggapan bahwa berolahraga dan melakukan hubungan seks saat awal gejala kehamilan dapat menjadi penyebab keguguran. Tenang saja, ini hanyalah mitos ya, teman-teman, Berikut ini mengenai penjelasan Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda adalah sebagai Berikut :

Tanda-tanda Keguguran Kehamilan yang harus diwaspadai. 

Jangan menunda untuk berkonsultasi melalui resep dokter anda jika sudah muncul tanda-tanda keguguran dan Kalian merasa ada yang tidak beres. Pasalnya, ada ciri-ciri keguguran tanpa pendarahan yang bisa terjadi. Jadi, tanda sekecil apa pun tidak boleh diabaikan. Maka dari itu harus berhati-hati saat mengalami gejala awal kehamilan.
 
Tanda-tanda keguguran yang sering terjadi dan paling mudah sekali untuk diketahui tentu munculnya bercak atau perdarahan pada kemaluan wanita, baik tanpa kram ataupun disertai kram. Meski begitu, wanita yang mengalami bercak atau perdarahan pada kemaluannya di trimester pertama biasanya tetap bisa menjalani kehamilan dengan sukses, kok. Jadi, jangan langsung cemas berlebihan dan segeralah berkonsultasi ke Dokter Kandungan yang sudah menjadi langganan Anda.
 
Dibawah ini beberapa penjelasan Ciri-ciri keguguran tanpa pendarahan yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut : 
  1. Penurunan berat badan.
  2. Munculnya lendir berwarna putih-merah muda.
  3. Mengalami kontraksi setiap 5-20 menit.
  4. Jaringan yang terlihat menggumpal keluar dari Vagina.
  5. Mengalami penurunan tanda kehamilan dengan mendadak.
  6. Sakit punggung ataupun perut dengan intensitas ringan hingga berat, biasanya lebih parah daripada kram yang dirasakan selama masa datang bulan.
 
Jika salah satu ciri-ciri keguguran tanpa pendarahan terjadi, yaitu jaringan yang terlihat menggumpal keluar dari luar kemaluan wanita, memasukkan jaringan ke dalam wadah yang bersih dan bawa ke spesialis Dokter Kandungan untuk dianalisis.

Apa sebenarnya penyebab keguguran hamil muda ini?

Alasannya bervariasi. Namun, kebanyakan penyebab keguguran hamil muda tidak bisa diidentifikasi. Selama trimester pertama, penyebab keguguran yang paling sering terjadi karena kelainan kromosom, yang artinya ada yang tidak beres dengan kromosom janin yang tidak berkembang. Jadi, kromosom janin bisa kurang atau lebih jumlahnya.
 
Kelainan kromosom pada janin yang biasanya diakibatkan oleh kondisi sel telur atau sel sperma yang masuk dari vagina setelah melakukan hubungan intim sudah tidak sempurna atau sudah rusak sebelum terjadi pembuahan ataupun terjadi masalah pada saat zigot ketika terjadi proses pembelahan.
  
Kelainan kromosom penyebab telat haid yang bisa mengakibatkan  keguguran Sel telur (ovum) membusuk. Ini terjadi ketika tidak ada embrio yang terbentuk, Terjadinya tidak berkembangnya janin dalam kandungan atau dikenal juga dengan istilah Intrauterine fetal demise (IUFD). Pada situasi ini, embrio yang terbentuk akan berhenti berkembang dan meninggal tanpa munculnya tanda-tanda keguguran.

Pada beberapa kasus, kondisi kesehatan wanita hamil juga bisa menjadi penyebab keguguran hamil muda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :
  1. Infeksi.
  2. Masalah hormonal.
  3. Masalah pada rahim dan serviks.
  4. Masalah tiroid.
  5. Diabetes yang tidak terkontrol.
Kemungkinan akan berovulasi sekitar 2 minggu setelah keguguran. Kemudian, periode haid akan kembali normal sekitar 4-6 minggu. Diperbolehkan untuk menggunakan kontrasepsi jenis apa pun segera setelah keguguran. Namun, hindari berhubungan intim atau memasukkan objek ke dalam vagina selama 2 minggu pasca-keguguran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

OBAT PELANCAR HAID ALAMI.

BAGEMANA CARA MELANCARKAN HAID SECARA ALAMI DAN AMAN.

EFEK SAMPING DATANG BULAN.